c)
Term of Reference
Untuk
Term of Reference pada epic games terbagi 2 yaitu :
1)
Privacy policy
Pada ini digunakan sebagai informasi yang di kami kumpulkan dari pengguna dan bagaimana kami melindunginya. Informasi yang di kumpulkan tergantung jenis informasi yang kami kumpulkan bergantung pada interaksi dengan epic games. Secara umum, kami mengumpulkan informasi dalam tiga cara utama: A) ketika pemilik memberikannya kepada kami B) secara otomatis saat pengguna menggunakan Epic dan C) dari penyedia layanan dan pihak ketiga. Ketika pemilik memberikannya kepada kami, ini akan memberi informasi pada pihak epic tergantung dengan layannya seperti menyelesaikan pendaftaran online. Ini dikumpulkan bukan hanya dari itu melainkan dari hasil – hasil sukarela seperti peringatan email, social media, penghungan secara online, dan lain sebagainya. Secara otomatis saat pengguna menggunakan Epic, ini bertujuan mengumpulkan informasi berdasarkan pembayaran, penggunaan aplikasi, dan aktifitas servis. Pihak ketiga, ini bertujuan jika ingin mengikatkan pada aplikasi epic games dengan aplikasi yang lain sepeti untuk pendaftaran akun dapat dikaikan dengan akun google anda.
2)
Fan Content Policy
Pada
ini dapat dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
- aturan utama : kita dapat membuat konten menggunakan IP epic games, hal yang tidak mendukung pada epic tidak berkenan, dan lain sebagainya.
- Perjanjian dengan epic games : peniruan tanggung jawab, penafian jaminan, dan penyelesaian sengketa.
- Mods : epic mengizinkan penggemar untuk membuat modifikasi atau peningkatan (“Mods”) pada beberapa game kami sesuai dengan perjanjian lisensi pengguna akhir untuk game tersebut.(Mods merupakan modifikasi sebuah game yang telah dibuat sesuai dengan keinginkan kita).
- Jangan kirim epic konten penggemar atau ide game anda
- Penegakan Hak : epic berhak mengambil tindakan hukum terhadap atas penyalahgunaan epic IP.
d)
Kelebihan dan Kekurangan
-
memiliki game eksklusif
-
setiap minggu memiliki game gratis
-
memiliki Ureal Engine dimana pembayaran royalty tidak terkena
-
kurang terkenal dengan publikasi game yang terkenal saat ini yaitu Steam.
-
kurang game – game yang terkenal pada aplikasi tersebut
-
kurangnya komunitas terbuka
e) Financial
Epic Games adalah perusahaan pengembangan dan penerbitan video game. Fortnite (game populer yang dikembangkan oleh Epic Games) memiliki lebih dari 350 juta akun terdaftar. Sedangkan basis pengguna aktif bulanan Epic Games Store tumbuh sebesar 75% pada tahun 2020 (mencapai total 56 juta pengguna). Pada epic games pemegang saham mayoritas, Tencent mengakuisisi 48,4% saham yang beredar, setara dengan 40% dari total Epic, di perusahaan pada tahun 2012, sebagai bagian dari kesepakatan yang bertujuan untuk memindahkan Epic ke arah permainan sebagai model layanan. Hingga Agustus 2020, perusahaan memiliki valuasi ekuitas US$17,3 miliar. Akan tetapi, pada tahun 2019 epic mengajukan gugatan terhadap Apple di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California, sebagai pembalasan karena menarik permainan. Itu mengajukan gugatan lain terhadap Google karena penghapusan "Fortnite". Epic kehilangan sekitar $181 juta pada EGS pada 2019. Epic diproyeksikan kehilangan sekitar $273 juta pada EGS pada 2020. Memang, Epic memberikan jaminan minimum $444 juta untuk 2020 saja, sementara memproyeksikan, bahkan dengan pertumbuhan 'signifikan', hanya $401 juta dalam pendapatan untuk tahun itu. Epic mengakui bahwa tren akan berlanjut dalam waktu dekat: Epic memproyeksikan kerugian sekitar $139 juta pada tahun 2021." Jika kita mengambil angka yang lebih rendah, itu menambah investasi pada bagian Epic sebesar $ 493 juta sejak 2019, dan Epic sendiri telah mengakui bahwa "biaya yang tidak dapat dikembalikan" akan berjumlah setidaknya $ 330 juta. "Paling-paling, Epic tidak mengharapkan EGS memiliki laba kotor kumulatif sebelum 2027."
3. MICROSOFT
Microsoft Corporation adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan Komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.
Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.
Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri permainan video (konsol Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan telepon genggam (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.
Pada tahun 1990-an, para kritikus mulai menuduh bahwa Microsoft menjalankan praktik bisnis monopolistik dan strategi anti-persaingan, termasuk penolakan persetujuan dan pengikatan, membuat batasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunaknya, dan melakukan taktik pemasaran yang tidak representatif; baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa menyatakan perusahaan ini melanggar hukum antitrust. Perusahaan ini dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi Big Four bersama dengan Apple Inc., Amazon.com, Alphabet, dan Facebook.
- 1984–1994 : Windows dan Office
Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984, OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November. Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum; kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri. Karena kemitraannya dengan IBM, pada tahun 1990, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft dikarenakan adanya kemungkinan kolusi; masa itu menandakan awal dari satu dasawarsa penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat.
Microsoft memperkenalkan perangkat lunak perkantorannya, Microsoft Office, tahun 1990. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pada tanggal 22 Mei, Microsoft meluncurkan Windows 3.0 dengan grafis antarmuka pengguna baru dan kapabilitas mode terlindungi mutakhir untuk prosesor Intel 386. Baik Office dan Windows menjadi produk pendominasi di bidangnya masing-masing. Novell, pesaing Word pada 1984–1986, mengajukan tuntutan hukum beberapa tahun kemudian yang mengklaim bahwa Microsoft meninggalkan sebagian API-nya tak terdokumentasi untuk mendapatkan keunggulan yang bersaing.
- 1995–2005 : Internet dan era 32-bit
Setelah "memo Internet Tidal Wave" internal Bill Gates tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web.Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus 1995, dengan tugas ganda bergilir, antarmuka pengguna baru yang dilengkapi tombol 'start', dan kompatibilitas 32-bit; sama seperti NT, SO ini menyediakan API Win32. Windows 95 keluar lengkap dengan layanan daring MSN, dan peramban web Internet Explorer untuk OEM. Internet Explorer tidak disertakan dengan kotak eceran Windows 95 karena kotak tersebut dicetak sebelum tim menyelesaikan pengembangan peramban web tersebut, dan baru disertakan dalam paket Windows 95 Plus.
- 1995–2005 : Internet dan era 32-bit
Setelah "memo Internet Tidal Wave" internal Bill Gates tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web. Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus 1995, dengan tugas ganda bergilir, antarmuka pengguna baru yang dilengkapi tombol 'start', dan kompatibilitas 32-bit; sama seperti NT, SO ini menyediakan API Win32. Windows 95 keluar lengkap dengan layanan daring MSN, dan peramban web Internet Explorer untuk OEM.
- 2006–2010 : Windows Vista, telepon genggam, SaaS, Yammer
CEO Steve Ballmer di acara MIX tahun 2008. Dalam wawancara tentang gaya manajemennya tahun 2005, ia menyebutkan bahwa prioritas utamanya adalah mendisiplinkan karyawan-karyawan yang ia delegasikan. Ballmer juga menekankan perlunya terus mengejar teknologi baru meski usaha awalnya gagal, sambil menyebutkan contoh usaha awal dengan Windows.
Dirilis bulan Januari 2007, versi Windows selanjutnya, Windows Vista, berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero. Microsoft Office 2007, dirilis pada saat yang sama, menampilkan antarmuka pengguna "Ribbon" yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya. Penjualan kedua produk yang relatif kuat membantu menciptakan rekor laba tahun 2007.
- 2011-2012 : Telepon genggam dan Metro
Setelah peluncuran Windows Phone 7, Microsoft perlahan melakukan pencitraan ulang seluruh jajaran produknya antara 2011 dan 2012. Logo, produk, layanan, dan situs web diperbarui dengan fitur indah bahasa desain Metro. Tanggal 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi pratinjau perangkat lunak Windows 8 generasi selanjutnya. Perangkat lunak ini dirancang untuk beragam peralatan mulaidari tablet hingga komputer meja.Tanggal 25 Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka membeli jejaring sosial Yammer senilai $1,2 miliar.
- 2015-Sekarang : Windows 10 dan Windows 11
Setelah Microsoft merilis versi pratinjau perangkat lunak Windows 8 , Microsoft kembali mengembangkan Perangkat Lunaknya yang baru yaitu Windows 10. Windows 8 bisa dibilang gagal untuk menarik minat para pelanggan. alasannya adalah para pelanggan bingung cara memakainya, dengan itu Microsoft mengembangkan Perangkat Lunak baru yang bernama Windows 10. Perangkat lunak ini dirancang untuk beragam peralatan mulai dari tablet hingga Komputer. Kelebihan Windows 10 adalah Start Menu yang baru, memiliki Asisten Pribadi yaitu bernama Cortana, memiliki Browser baru penganti Internet Explorer yaitu Microsoft Edge, bisa menjadi Mode Tablet jika anda memiliki Gadget Hybrid (Jenis Komputer yang bisa berubah menjadi Tablet), memiliki Task View fungsinya adalah melihat aplikasi-aplikasi yang kita buka. dan akhirnya pada tanggal 29 Juli 2015, Microsoft merilis Windows 10.
Pada tahun fiskal 2010, Microsoft memiliki lima divisi produk:
- Microsoft Windows & Windows Live Division.
- Server and Tools.
- Online Services Division.
- Microsoft Business Division.
- Entertainment and Devices Division.
Perusahaan ini dijalankan oleh dewan direktur yang terdiri dari orang-orang luar perusahaan, sebagaimana perusahaan-perusahaan yang diperdagangkan publik. Anggota dewan direktur Microsoft pada bulan Juni 2010 adalah: Steve Ballmer, Dina Dublon, Bill Gates (chairman), Raymond Gilmartin, Reed Hastings, Maria Klawe, David Marquardt, Charles Noski, dan Helmut Panke. Anggota dewan dipilih setiap tahun dalam rapat umum pemegang saham tahunan dengan sistem suara mayoritas. Ada lima komite di dalam dewan yang bertanggung jawab atas urusan-urusan yang lebih spesifik. Komite-komite tersebut adalah Audit Committee, yang mengurus akuntansi, termasuk audit dan pelaporan; Compensation Committee, yang menyetujui kompensasi untuk CEO dan karyawan perusahaan lainnya; Finance Committee, yang menangani urusan keuangan seperti mengusulkan merger dan akuisisi; Governance and Nominating Committee, yang menangani berbagai urusan perusahaan, termasuk pencalonan anggota dewan; dan Antitrust Compliance Committee, yang berupaya mencegah perusahaan melanggar hukum antitrust.
Ketika Microsoft membuka diri ke publik dan melakukan penawaran umum perdana pada tahun 1986, harga saham pembukanya adalah $21; setelah hari perdagangan, harga ditutup pada level $27,75. Pada bulan Juli 2010, dengan sembilan pembagian saham perusahaan, saham IPO apapun akan dikali 288; jika seseorang membeli IPO hari ini setelah dibagi dan faktor lainnya, harganya menjadi 9 sen. Harga saham Microsoft mencapai puncaknya pada tahun 1999 di level $119 ($60,928 jika disesuaikan dengan pembagian). Perusahaan ini mulai menawarkan dividen pada 16 Januari 2003, dimulai dari 8 sen per lembar untuk tahun fiskal, diikuti dengan dividen 16 sen per lembar pada tahun selanjutnya, berubah dari dividen per tahun ke per kuartal pada tahun 2005 dengan 8 sen per lembar per kuartal dan pembayaran sekali khusus sebesar 3 dolar per lembar untuk kuartal kedua tahun fiskal. Meski perusahaan ini mengalami peningkatan pembayaran dividen, harga saham Microsoft tetap stabil selama bertahun-tahun.
Salah satu taktik bisnis Microsoft, yaitu "ikuti, perluas, dan hentikan," awalnya mengikuti standar atau produk yang bersaing, kemudian memperluasnya menjadi versi sendiri yang kemudian tidak kompatibel dengan standar yang ada, yang pada akhirnya menghentikan persaingan yang tidak sejalan dengan versi baru Microsoft. Berbagai perusahaan dan pemerintahan menuntut Microsoft atas taktik ini, sehingga memunculkan tuntutan hukum senilai miliaran dolar terhadap perusahaan ini. Microsoft mengklaim strategi awalnya tidak anti-persaingan, tetapi hanya berupa penerapan kebijakan mereka untuk mengimplementasikan fitur-fitur yang diyakini diinginkan pengguna.
Standard and Poor's dan Moody's telah memberikan penilaian AAA kepada Microsoft yang asetnya bernilai $41 miliar dengan $8,5 miliar dalam bentuk utang tanpa jaminan. Menanggapi penilaian ini, pada Februari 2011, Microsoft merilis obligasi perusahaan senilai $2,25 miliar dengan nilai pinjam relatif rendah jika dibandingkan dengan obligasi pemerintah.Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, Apple Inc. mengalahkan Microsoft dalam hal laba dan pendapatan per kuartal pada Q1 2011 akibat melemahnya penjualan PC dan kerugian besar Microsoft Online Services Division (yang mengurus mesin pencari Bing). Laba Microsoft sebesar $5,2 miliar, sementara Apple $6 miliar, dengan pendapatan $14,5 miliar dan $24,7 miliar secara berturut-turut.Microsoft Online Services Division terus-terusan merugi sejak 2006 dan pada Q1 2011, divisi ini mengalami kerugian sebesar $726 juta. Kerugian ini mengikuti kerugian sebesar $2,5 miliar pada tahun 2010.
Pada tanggal 20 Juli 2012, Microsoft mengalami kerugian kuartal pertamanya, meski mencetak rekor pendapatan untuk kuartal dan tahun fiskal tersebut. Microsoft melaporkan kerugian bersih sebesar $492 juta; akuisisi perusahaan periklanan aQuantive pada tahun 2007 dengan nilai $6,2 miliar dan masalah yang terkait dengannya disebut-sebut sebagai penyebab kerugian ini.
Pada tahun 2004, Microsoft mempekerjakan beberapa firma riset untuk melakukan studi independen yang membandingkan biaya kepemilikan total (TCO) Windows Server 2003 dengan Linux; firma-firma tersebut menyimpulkan bahwa banyak perusahaan menganggap Windows lebih mudah digunakan ketimbang Linux, sehingga mereka yang memakai Windows dapat bekerja lebih cepat dan berujung pada pengeluaran perusahaan yang lebih rendah. Hal ini memunculkan banyak penelitian terkait; sebuah penelitian oleh Yankee Group menyimpulkan bahwa memperbarui versi Windows Server ke versi lainnya membutuhkan biaya lebih sedikit daripada biaya pengalihan dari Windows Server ke Linux, meski perusahaan-perusahaan yang disurvei mencatat peningkatan keamanan dan keandalan server Linux dan masalah tentang dipaksa memakai produk-produk Microsoft. Studi lain yang dirilis oleh Open Source Development Labs mengklaim bahwa studi Microsoft "kedaluwarsa dan berpihak" dan survei mereka menyimpulkan bahwa TCO Linux lebih rendah karena pengguna Linux mengurus lebih banyak server daripada pengguna Windows dan faktor lainnya.
refrensi:
Refrensi OVO :
- https://www.fintech.id/en/member/detail/224#:~:text=Profil%20Perusahaan,kerja%20sama%20dengan%20mitra%20terpilih.
- https://www.bareksa.com/berita/berita-ekonomi-terkini/2019-10-21/ini-strategi-ovo-memperluas-bisnis-keuangan
- https://www.nesabamedia.com/apa-itu-ovo/
- https://droidly.co/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-ovo/
Refrensi
Epic Games :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Epic_Games
- https://gamebrott.com/mayoritas-developer-tak-setuju-dengan-sistem-bagi-hasil-30-70-di-steam
- https://www.polygon.com/22409511/microsoft-store-pc-revenue-share-steam-epic-games
-https://www.pcmag.com/comparisons/steam-vs-epic-games-store-which-pc-game-store-deserves-your-dollars
- https://www.epicgames.com/site/en-US/tos
-https://appleinsider.com/articles/20/08/23/apple-versus-epic-games-fortnite-app-store-saga----the-story-so-far#:~:text=Lawsuit%20and%20Marketing,for%20its%20%22Fortnite%22%20removal.
-
https://explodingtopics.com/blog/decacorn-companies
Referensi Microsoft :
-
Oleh
Coolcaesar - Karya sendiri, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=63236663
- Oleh
Miles Harris - Karya sendiri, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=26491255
- Oleh
World Economic Forum - Copyright World Economic Forum (www.weforum.org),
swiss-image.ch/Photo by Severin NowackiCropping of World Economic Forum Annual
Meeting Davos 2007., CC BY-SA 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=3599439
- Oleh
ZenoBank - ZenoBank website, Domain Publik, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=7308411
- https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft#:~:text=Microsoft%20Corporation%20adalah%20perusahaan%20multinasional,dan%20jasa%20terkait%20dengan%20Komputer.
Nama : Faldy Argaditya Kelas : 2IA20
Npm : 50420453
Komentar
Posting Komentar